Saturday, 11 April 2015

Fungsi Shut down, Restart, Sleep, dan Hibernate pada Windows

Fungsi Shut down, Restart, Sleep, dan Hibernate pada Windows

Ada empat power buttons yang disediakan windows,

  • Shut down
Seperti yang kita ketahui, Shut down berfungsi mematikan komputer. Shut down akan mematikan seluruh komponen dalam komputer, mulai dari prosesor, RAM (Random Access Memory), VGA card, hard disk, dan komponen lainnya. Secara total aliran listrik diputus jika memilih opsi ini. Pada saat Shut down, isi RAM akan dikosongkan, sehingga aplikasi yang masih berjalan akan dimatikan secara otomatis. Pilihan Shut down baik digunakan ketika kita tidak akan memakai komputer dalam jangka waktu yang lama.
  • Restart
Fungsi Restart adalah mematikan lalu menghidupkan kembali. Restart akan menjalankan fungsi Shut down terlebih dahulu. Setelah itu komputer akan dihidupkan kembali. Restart biasanya juga dikenal dengan istilah Reboot. Biasanya digunakan setelah menginstal aplikasi baru yang mengharuskan untuk Restart jika ingin langsung menggunakannya,
  • Sleep
Sleep sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti tidur. Komputer akan "ditidurkan", bukan dimatikan. Sleep akan menyimpan seluruh akivitas komputer dan jendela kerja yang terbuka di dalam RAM agar dapat digunakan kembali ketika komputer dibangunkan dengan waktu yang cepat. Karena penyimpanan di dalam RAM bersifat sementara, maka masih diperlukan daya listrik untuk tetap menjaga RAM agar tidak mati. Ketika komputer dalam mode Sleep dan komputer terlalu lama ditinggalkan, secara otomatis komputer akan masuk ke mode Hibernate.
  • Hibernate
Hibernate merupakan fungsi gabungan dari shut down dan sleep. Pada mode Hibernate, komputer akan dimatikan seperti Shut down. Namun, akivitas komputer dan jendela kerja yang terbuka akan disimpan terlebih dahulu seperti mode Sleep. Akan tetapi, pada Hibernate data akan disimpan di dalam hard disk bukan di RAM sehingga data akan tetap tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Hibernate biasanya hanya terdapat pada laptop.

Ada 3 cara untuk menggunakan 4 power buttons diatas,

  • Cara pertama yaitu dengan menekan tombol Windows logo key+X di keyboard, kemudian pilih Shut down or sign out

  • Cara kedua, dengan menekan tombol Windows logo key di keyboard. Lalu, klik lambang Power Buttons pada pojok kanan atas.

  • Cara ketiga, yaitu dengan mengarahkan cursor ke pojok kanan bawah. Lalu, pilih Settings. kemudian, klik lambang Power Buttons.

Semoga bermanfaat,

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Universitas Brawijaya yang sedang mencoba untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya.

2 komentar

Bagaimana cara agar tutup layarotomatis sleep pd win 10...

bisa dibaca gan, artikel yang ini http://nahlbee.blogspot.co.id/2015/04/memunculkan-opsi-hibernate-di-windows.html tinggal setting aja di bagian "when I close the lid"

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon